RANGKUMAN Sejumlah Peristiwa yang Terjadi Selama Invasi Rusia ke Ukraina Hari ke-84

Invasi Rusia ke Ukraina telah memasuki hari ke 84, Rabu (18/5/2022). Pengadilan Pidana Internasional (ICC) mengirim tim beranggotakan 42 orang ke Ukraina, Selasa (17/5/2022). Tim tersebut dikirim untuk menyelidiki dugaan kejahatan perang sejak invasi Rusia.

Pengadilan Pidana Internasional (ICC) mengirim tim beranggotakan 42 orang ke Ukraina, Selasa (17/5/2022). Tim tersebut dikirim untuk menyelidiki dugaan kejahatan perang sejak invasi Rusia. Amerika Serikat (AS) akan membentuk unit baru untuk meneliti, mendokumentasikan, dan mempublikasikan dugaan kejahatan perang oleh Rusia di Ukraina.

"Observatorium Konflik akan menangkap, menganalisis, dan menyediakan bukti secara luas tentang kejahatan perang yang dilakukan Rusia dan kekejaman lainnya di Ukraina," kata Departemen Luar Negeri AS. Negosiasi damai antara Rusia dan Ukraina telah mengalami stagnasi, kata para pejabat pada Selasa (17/5/2022). Kedua belah pihak saling menyalahkan dan Moskow mengindikasikan perundingan sulit dilakukan.

Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov mengatakan yakin tidak ada kesepakatan damai yang dapat dibuat jika negosiator mencoba untuk "mentransfer dialog" untuk fokus pada apa yang dikatakan barat daripada situasi langsung di Ukraina. "Itu mengesampingkan peluang untuk kemajuan dalam pembicaraan," tambahnya. "Kami selalu mengatakan bahwa kami siap untuk negosiasi, tetapi kami tidak diberi pilihan lain," imbuh Lavrov.

Nasib lebih dari 260 tentara Ukraina yang telah mengakhiri perlawanan selama berminggu minggu di pabrik baja Azovstal di Mariupol masih belum jelas. Para pejuang menyerah dan dipindahkan ke wilayah yang dikuasai Rusia. Wakil Menteri Pertahanan Ukraina mengatakan mereka akan ditukar dalam pertukaran tahanan, tetapi beberapa pejabat Rusia mengatakan mereka dapat diadili atau bahkan dieksekusi.

Delapan orang tewas dan 12 terluka setelah Rusia melancarkan serangan rudal di desa Desna di wilayah utara Ukraina Chernihiv, menurut layanan darurat negara Ukraina. Gubernur regional, Viacheslav Chaus, mengatakan Rusia meluncurkan empat rudal sekitar pukul 5 pagi waktu setempat pada hari Selasa. Dua dari rudal itu menghantam gedung gedung di desa itu, katanya.

Sebuah desa di provinsi barat Rusia Kursk yang berbatasan dengan Ukraina diserang Ukraina , kata gubernur regional, tetapi tidak ada korban luka. Presiden Prancis Emmanuel Macron, berjanji kepada mitranya dari Ukraina, Volodymyr Zelensky, bahwa pengiriman senjata Prancis ke Kyiv akan meningkat dalam beberapa hari mendatang, kata lysée. Zelensky mengatakan dia melakukan percakapan "panjang dan bermakna" dengan Macron di mana mereka membahas "jalan permusuhan, operasi untuk menyelamatkan militer dari Azovstal dan visi prospek proses negosiasi".

Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa (UE) Josep Borrell, mengatakan pasukan Rusia mungkin telah menderita "kerugian yang mengesankan" sejak invasi mereka ke Ukraina. Jika benar bahwa Rusia telah kehilangan 15 % dari pasukan mereka sejak awal perang, ini adalah rekor dunia tentang kerugian tentara yang menyerang suatu negara," katanya kepada wartawan. Borrell juga mengatakan semua negara anggota UE akan mendukung Finlandia dan Swedia untuk bergabung dengan NATO.

Finlandia dan Swedia mengumumkan mereka akan mengajukan tawaran mereka untuk bergabung dengan NATO bersama sama, meskipun ada ancaman Turki untuk memblokir ekspansi aliansi militer. Parlemen Finlandia sangat menyetujui proposal pemerintah untuk bergabung dengan NATO, sehari setelah Swedia mengkonfirmasi niatnya untuk bergabung dengan aliansi tersebut. Presiden Finlandia, Sauli Niinistö, mengatakan dia yakin kedua negara akan mengatasi penentangan Turki terhadap tawaran keanggotaan bersejarah mereka.

Niinistö dan Perdana Menteri Swedia, Magdalena Andersson, akan bertemu dengan Presiden AS, Joe Biden, pada Kamis , kata Gedung Putih. Para pemimpin diharapkan untuk membahas aplikasi NATO Finlandia dan Swedia, keamanan Eropa dan dukungan untuk Ukraina di tengah invasi Rusia, katanya. Lavrov, mengatakan bahwa Finlandia dan Swedia bergabung dengan NATO mungkin tidak akan membuat banyak perbedaan. Kedua negara Nordik " telah berpartisipasi dalam latihan militer NATO selama bertahun tahun," kata Lavrov.

Presiden Rusia, Vladimir Putin, mengatakan bahwa Eropa mengambil risiko membayar harga energi paling mahal di dunia dengan mengabaikan pasokan energi Rusia. Berbicara pada pertemuan dengan manajer minyak domestik dan pejabat pemerintah, Putin mengatakan tidak mungkin bagi beberapa negara Eropa untuk segera membuang minyak Rusia. Volodymyr Zelensky memberikan pidato kejutan untuk membuka Festival Film Cannes di Prancis.

Melalui video, Zelensky mengatakan bahwa "film itu perlu untuk tidak diam" TV Rusia menayangkan wawancara dengan analis militer Mikhail Khodarenok, yang mengatakan situasi Rusia "jelas akan menjadi lebih buruk" , dalam pengalihan yang jarang dari jalur resmi Kremlin. Rusia telah mencoba menyembunyikan skala kerugian dan kemundurannya di Ukraina, secara agresif menyensor dan menuntut siapa pun yang mempertanyakan klaim Kremlin bahwa semuanya berjalan sesuai rencana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.