Ifa Isfansyah Kulik Proses Pembuatan Film ‘White Building’ dari Sutradara Asal Kamboja Kavich Neang

Sutradara kenamaan Ifa Isfansyah berbincang dengan sutradara film White Building, Kavich Neang. Dalam bincang bincang tersebut, Ifa mengulik segala proses pembuatan film tersebut sehingga bisa masuk nominasi film internasional terbaik pada ajang Academy Award yang ke 94. Ifa penasaran mengapa Kavich merasa keberagaman budaya dan masalah sosial masih menjadi topik yang hangat untuk dibicarakan.

"Kenapa tertarik membawa budaya dan masalah sosial dalam film ini?," ujar ucap Ifa Isfansyah dalam bahasa Inggris di webinar KlikFilm, Jumat, (1/7/2022). "Isu sosial lebih menarik untuk dibicarakan, tentang semangat orang orang dan keadaan yang berbenturan dengan kenyataan," ujar Kavich Neang. Kavich menilai gaya dokumenter dan fiksi ketika digabungkan mampu membuat filmnya tampak lebih real.

Bahkan dalam projek film terbarunya di Thailand, Kavich Neang masih tetap mengangkat isu sosial ekonomi yang dekat dengan masyarakat. "Saat ini saya sedang menggarap projek baru di Thailand, tentang cerita keluarga, perbedaan generasi lama dan sekarang," jelasnya. Selama webinar, Ifa banyak mengulik soal sudit pandang Kavich dalam membuat film yang senang melibatkan realitas sosial.

Sekadar informasi, film White Building mengisahkan tentang pemuda berusia 20 bernama Samnang yang tinggal di perumahan petak terkenal di Phnom Penh. Samnang tinggal di sana bersama dengan teman temannya yang memiliki hobi menari dan bermimpi untuk ikut kontes di televisi. Namun tempat tinggal Samnang dan teman temannya harus dibongkar akibat arus gentrifikasi di Kamboja yang lebih modern. Hal ini relate dengan isu yang banyak terjadi di negara negara berkembang.

Film White Building adalah film drama asal Kamboja yang rilis pada 2021 dan berhasil masuk nominasi film internasional terbaik pada ajang Academy Award yang ke 94. Film ini dibintangi oleh Piseth Chhun, Sithan Hout, Sokha Uk, Chinnaro Soem, Sovann Tho, Jany Min, dan Chandalin Y. Film White Building kini sudah bisa disaksikan di platform streaming KlikFilm mulai 1 Juli 2022. Artikel ini merupakan bagian dari

KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.