5 Perubahan Gaya Hidup Sehat Ini Dapat Membantumu Mengontrol Diabetes, Apa Saja?

Kadar gula darah, berat badan, dan kolesterol penderita diabetes dapat diturunkan dengan mengadopsi berbagai tindakan pencegahan. Pola makan sehat bermanfaat untuk mengobati diabetes, karena dapat membantu mengurangi lemak di dalam sel. Pola makan sehat juga bermanfaat bagi berat badan dan tekanan darah.

Ini akan membantu mengembangkan resistensi dan sensitivitas insulin. Memilih gaya hidup dan diet sangat penting untuk mengendalikan diabetes. Untuk menjaga tingkat insulin, rencanakan setiap makan untuk memiliki campuran buah buahan, sayuran, protein, dan lemak sehat yang baik.

Sangat penting untuk memperhatikan jenis karbohidrat yang kamu pilih. Sayuran, biji bijian, dan buah buahan rendah karbohidrat mengandung serat yang membantu menjaga kadar gula darah stabil. Sebaiknya, bicarakan dengan dokter tentang pilihan makanan terbaik dan keseimbangan jenis makanan yang sesuai.

Aktivitas fisik adalah perubahan gaya hidup penting lainnya untuk diadopsi ke dalam rencana manajemen diabetes. Saat kamu mulai berolahraga, otot akan menggunakan gula untuk energi, sehingga membantu tubuh menggunakan insulin dengan lebih efisien. Kamu bisa keluar untuk berjalan jalan, berlari, atau aktivitas seperti melakukan pekerjaan rumah tangga atau berkebun.

Menggunakan produk tembakau saat menghadapi diabetes bisa sangat berbahaya bagi kesehatan, terutama dalam kasus orang yang menderita diabetes tipe 2. Kebiasaan ini juga dapat meningkatkan peluang masalah kesehatan seperti penyakit jantung, mata, stroke, dan penyakit ginjal. Mengonsumsi alkohol dalam jumlah banyak atau bahkan lebih dari satu gelas per hari dapat menyebabkan kadar gula darah melonjak terlalu tinggi, sehingga memperburuk kondisi.

Kontrol kadar gula darah dalam tubuh dan hindarkan dari bir, anggur, atau kandungan alkohol apapun. Artinya, alkohol dapat meningkatkan sekaligus menurunkan kadar gula darah dan menyebabkan komplikasi. Ahli gizi adalah sumber daya berharga dalam upaya mengendalikan diabetes.

Mereka dapat membantu menyiapkan rencana makan yang mencakup sampel makanan dan kudapan selama beberapa hari menurut usia, berat badan, tingkat aktivitas, dan pengobatan seseorang. Rencana tersebut dibuat dengan cara yang sesuai rutinitas harian. Bersama ahli gizi, temui dokter setidaknya dua kali setahun.

Seiring dengan gaya hidup ini, beberapa langkah lain yang dapat dilakukan adalah menurunkan berat badan. Pasalnya, kelebihan berat badan dapat memperburuk gejala diabetes dan menurunkan berat badan membantu mengatur kadar gula darah serta meningkatkan resistensi insulin. Faktor penting lainnya adalah mendapatkan waktu tidur yang cukup, serta mengelola stres emosional dan fisik.

Kamu perlu mendapatkan dukungan dari keluarga dan teman, serta profesional perawatan kesehatan untuk membantu membuat penyembuhan menjadi lebih praktis dan mudah. Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.